Skip to content

Sumberdaya dalam Bahasa Indonesia

Sumberdaya dalam Bahasa Indonesia

Acara dan Pelatihan Mendatang
Penelitian, Statistik, dan Data Tentang Perdanganan Manusia di Indonesia

Identifikasi korban perdagangan orang : Panduan Praktisi (2021) Identifikasi korban adalah proses dimana seseorang diidentifikasi sebagai korban perdagangan manusia, yang pada gilirannya memberikan mereka hak dan perlindungan. Walaupun identifikasi formal harus mengarah pada dan memfasilitasi kesempatan bagi korban untuk dirujuk untuk mendapatkan bantuan, hal ini tidak selalu terjadi dalam praktik. Beberapa korban perdagangan manusia tidak diidentifikasi dan dibantu oleh responden dan praktisi garis depan. Korban lainnya menolak untuk diidentifikasi dan dibantu. Masih ada korban lain yang dapat diidentifikasi secara resmi tetapi tidak dirujuk untuk mendapatkan bantuan atau mungkin dipaksa untuk menerima bantuan. Panduan praktisi ini meninjau penelitian yang ada tentang identifikasi korban (dan non-identifikasi), menyentuh mengapa beberapa korban (dan tidak) diidentifikasi, tantangan dalam proses identifikasi dan praktik yang dapat meningkatkan identifikasi korban.
Upaya Khusus & Tambahan untuk Penanganan Korban Perdagangan Anak : Panduan Praktisi (2021) Konvensi Perdagangan ASEAN (ACTIP) secara eksplisit mengakui bahwa korban anak memiliki kebutuhan khusus dan bahwa tindakan yang tepat diperlukan untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan korban anak, mulai dari identifikasi hingga mengamankan solusi tahan lama yang melibatkan dukungan jangka panjang. Pengasuhan dan perlindungan harus tersedia atas dasar kesetaraan dan non-diskriminatif tanpa membedakan antara anak warga negara dan anak bukan warga negara. Perhatian khusus harus diberikan untuk menilai dan memenuhi kebutuhan anak-anak dengan kebutuhan khusus seperti yang sangat muda, mereka yang cacat dan mereka yang telah menderita eksploitasi dan pelecehan yang parah. Panduan praktisi ini meninjau penelitian yang ada tentang kebutuhan dan pengalaman khusus anak-anak yang diperdagangkan serta langkah-langkah yang ada dan tantangan yang dihadapi untuk melindungi mereka. Berdasarkan analisis ini, para praktisi akan dibimbing untuk memahami lebih dalam tentang bagaimana menangani secara lebih efektif isu-isu kritis yang muncul dalam menerapkan langkah-langkah khusus dan tambahan untuk anak-anak yang diperdagangkan.

Laporan Atas Eksploitasi Seksual Terhadap Anak pada Industri Pariwisata:  Analisis “Ambiguous Space” di Bali (2020)

Laporan Tahunan Perdagangan Orang 2022

Memo on Relevant International and National Laws on HT

Melangkah Maju. Reintegrasi korban perdagangan orang (trafficking) di Indonesia dalam keluarga dan masyarakat 2017 – Dari Nexus Institute, penelitian ini mengeksplorasi dinamika lingkungan yang kompleks dimana para korban perdagangan manusia kembali. Menyajikan penelitian yang berfokus pada anggota keluarga dan masyarakat dan menjelaskan konteks dimana korban kembali setelah mereka melarikan diri atau terselamatkan. Meskipun ada banyak tantangan yang menakutkan ketika kembali, seringkali dukungan dalam keluarga dan masyarakat memunculkan ketahanan dan ini merupakan fondasi yang penting bagi keberhasilan pemulihan dan reintegrasi.(Ringkasan Eksekutif)

Kehidupan kami. Kerentanan dan ketahanan korban perdagangan orang (Trafficking) di Indonesia 2017 – Dari Nexus Institute, laporan ini memfokuskan pada dinamika yang lebih luas dari kehidupan korban perdagangan orang. Ini terlihat, misalnya, bahwa terdapat kerentanan, tantangan hidup, dan kebutuhan individu-individu dalam lingkup kehidupan mereka yang lebih luas,termasuk yang muncul sebelum terjadi perdagangan orang (pre-trafficking), saat terjadinya atau muncul akibat perdagangan orang, dan kebutuhan yang berkembang setelah individu-individu tersebut selamat atau melarikan diri dan kembali ke rumah. (Ringkasan Eksekutif)

Pulang ke rumah. Tantangan dalam reintegrasi korban perdagangan orang (trafficking) di Indonesia 2016 – Dari Nexus Institute, dimaksudkan sebagai titik awal untuk lebih memahami bagaimana reintegrasi korban trafficking saat ini terjadi di Indonesia, termasuk apa yang sudah berjalan dengan baik dan apa yang merupakan kendala dan hambatan bagi korban trafficking pada proses reintegrasi. (Ringkasan Eksekutif)

Indonesia menjadi destinasi nomor satu untuk wisatawan seks anak-anak Australia (terjemahan Bahasa Indonesia disini)


Sumberdaya untuk Aftercare

Perlindungan dan bantuan bagi korban perdagangan manusia : Panduan Praktisi ( 2021 ) Korban perdagangan manusia berhak atas, dan harus menerima, perlindungan segera dari para pengeksploitasi mereka dan dari kemungkinan kerugian lebih lanjut, termasuk risiko perdagangan ulang. Mereka harus menerima dukungan untuk memenuhi kebutuhan mendesak mereka dan memastikan kesejahteraan mereka, terlepas dari kesediaan mereka untuk berpartisipasi dalam prosedur peradilan pidana, perlindungan dari penahanan dan penuntutan, dan hak atas privasi. Panduan praktisi ini mengulas penelitian yang ada tentang perlindungan dan dukungan bagi korban perdagangan manusia di Asia, baik dari segi apa yang ada maupun tantangan apa yang muncul dalam pemberian perlindungan dan dukungan
Pemulihan dan Reintegrasi Korban Perdagangan Orang : Panduan Praktisi (2021) Pemulihan dan reintegrasi adalah usaha yang kompleks dan mahal, seringkali membutuhkan serangkaian layanan yang lengkap dan beragam bagi para korban (dan terkadang keluarga mereka), yang memiliki kebutuhan fisik, psikologis, sosial dan ekonomi jangka pendek dan jangka panjang yang sangat berbeda. Begitu kebutuhan mendesak orang-orang yang diperdagangkan telah terpenuhi, banyak korban memerlukan bantuan lebih lanjut untuk berintegrasi kembali ke dalam keluarga dan masyarakat mereka (misalnya pelatihan kejuruan, dukungan ekonomi, akses jangka panjang ke perawatan kesehatan, konseling, pendidikan, mediasi keluarga). Beberapa kebutuhan bantuan merupakan konsekuensi dari perdagangan, sementara yang lain mungkin terkait dengan kerentanan yang ada sebelum korban diperdagangkan serta masalah yang muncul dalam kehidupan korban setelah perdagangan. Karena reintegrasi yang berhasil membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dicapai, layanan reintegrasi harus tersedia dalam jangka panjang dan mencakup tindak lanjut dan manajemen kasus. Panduan praktisi ini meninjau dan mensintesis penelitian yang ada tentang pemulihan dan reintegrasi korban perdagangan manusia termasuk hambatan dan tantangan dalam proses reintegrasi serta peluang dan titik masuk untuk mendukung reintegrasi berkelanjutan

Direktori Layanan untuk Korban Perdagangan Orang (Trafficking) dan Pekerja Migran Indonesia yang Mengalami Eksploitasi. Direktori ini ditujukan untuk orang Indonesia korban perdagangan orang yang membutuhkan informasi tentang bantuan yang tersedia untuk mereka, termasuk di mana dan bagaimana mengakses bantuan ini. Ini termasuk orang Indonesia yang diperdagangkan ke luar negeri maupun yang dieksploitasi di Indonesia. Direktori ini juga dapat digunakan oleh organisasi-organisasi dan lembaga-lembaga yang bekerja dengan korban perdagangan orang (trafficking), untuk memberikan informasi kepada korban tentang hak-hak mereka dan pelayanan-pelayanan yang tersedia. Direktori ini dapat disebarluaskan oleh organisasi-organisasi tersebut untuk memastikan bahwa korban perdagangan orang mendapatkan informasi yang mereka butuhkan untuk mendapatkan bantuan dan pelayanan setelah diperdagangkan.

Hands that Heal: International Curriculum to Train Caregivers of Trafficking Survivors memberikan pendekatan komprehensif untuk melayani korban perdagangan manusia dan mendidik para perawat agar mereka dapat memberikan perawatan dan dukungan secara tepat dan efektif. (Untuk buku Bahasa Indonesia, harus beli PDF dan mecetak sendiri.)

Catatan Panduan Menggunakan Foto Korban 2016 diproduksi oleh Freedom Collaborative, Liberty Asia, dan Chab Dai. Diterjemahkan oleh Patricia Sinatrawan dari Compassion First


Alat Pencegahan

The Priceless Cube adalah sebuah tujuh panel, kotak puzzle yang terbentang dan membalik untuk mengungkapkan gambar yang menekankan elemen kunci untuk memahami perdagangan manusia. (Instruksi Bahasa Indonesia disini.)

Vidio Pendek Cara Mencegah Pelecehan Seksual (Perempuan)

Vidio Pendek Cara Mencegah Pelecehan Seksual (Laki)

Pornografi & Otak

Enslaved: MTV Exit Hosted by Dian Sastrowardoyo Vidio (20 minutes) tentang Perdanganan Manusia di dalam Indonesia. (Untuk mengakses vidio ini di dalam negara Indonesia, VPN harus digunakan)

Pamflet #1 untuk kesadaran kaum muda tentang perdagangan manusia (di buat oleh PEARL)

Perdagangan manusia Brosur1

Pamflet #2 untuk kesadaran kaum muda tentang perdagangan manusia (di buat oleh PEARL)

Perdagangan manusia Brosur2(1)


Sumberdaya untuk Konseling dan Trauma


Sumber daya Untuk Merawat Pengasuh

Buku Pemimpin Yang Sehat Secara Emosional, penulis buku laris, Peter Scazzero menunjukkan para pemimpin bagaimana mereka dapat mengembangkan dan mengintegrasikan kehidupan batin yang mendalam dengan Kristus dalam kepemimpinan, perencanaan dan pengambilan keputusan, pembentukan tim, menciptakan budaya yang sehat, memengaruhi orang lain, dan banyak lagi. Ditulis dalam perspektif Kristen.

 

divided-short